MERDEKA kan HATI

MERDEKA kan HATI

Sahabat, kemerdekaan yang sesungguhnya adalah meMerdekakan hati, apalah artinya kebebasan jika hati belum juga berani? Ketika belenggu pikiran masih mengikat hatimu sendiri, maka merdekakan hatimu dulu.

HUT kemerdakan Indonesia kali ini amatlah dekat dengan harinya dengan perayaan Idul Fitri yang juga sebuah perayaan kemenangan, konon 17 Agustus 1945 pun bertepatan dengan bulan Ramadhan seperti hari ini. Bukankah luar biasa jika sekarang 2 perayaan kemenangan ini dijadikan momentum untuk perubahan diri?

Perubahan bukanlah menjadi tanggung jawab pimpinan diluar sana atau tanggungjawab pemerintah, atau siapapun selain diri Anda. Jika masih menggantungkan perubahan kepada orang lain, janganlah banyak berharap dapatkan hasil yang Anda inginkan.

Perubahan hanya bisa dimulai dari diri sendiri, seperti kata Aa Gym, mulai dari yang kecil,mulai dari sekarang, mulai dari diri sendiri. Bait lagu kebangsaan kita pun menyiratkan pembangunan jiwa terlebih dahulu “….bangunlah jiwa,bangunlah badannya untuk Indonesia Raya...” Lalu siapakah yang mampu membangun jiwa selain empunya jiwa itu sendiri?

 

17 Agustus 2012

Dirgahayu Kemerdekaan Negara KESATUAN Indonesia

Leave a comment