Lentera Jiwa 1

Lentera Jiwa 1

Lentera JiwaSuatu hari di musim dingin ada seorang pemain biola di sebuah stasiun bawah tanah. Di membuka kotak biolanya dan mulai memainkan lagu. Pagi itu adalah pagi yang sangat sibuk, ratusan orang berlalu lalang melewatinya. Ada yang berhenti sejenak, namun banyak yang tidak menghiraukan. Bahkan lebih banyak lagi yang tidak menyadari kehadiran musisi tersebut, apalagi alunan suara biolanya. Semua orang sibuk mengejar urusan pekerjaannya hari itu.

Lentera jiwa *, pertama kali aku mendengar istilah itu saat mengikuti pelatihan menjadi konsultan tes bakat di Jakarta setahun yang lalu. Entah siapa yang menciptakan pertama kali, istilah itu kini menjadi begitu populer, Anda bisa mencarinya di google akan ditemukan banyak sekali artikel mengenai hal ini. Salah satunya adalah artikel dari acara talk show televisi yang sangat terkenal. Selain artikel ada juga lagu yang dinyanyikan oleh Nugie, dilengkapi dengan video yang sangat inspiratif.

Hidup sesuai lentera jiwa adalah hidup sesuai dengan passion. Seorang pendengar acara NLP bertanya lewat sms tentang pilihan pekerjaan yang harus diambil, pekerjaan lama yang sudah ditekuni selama 5 tahun atau pekerjaan baru yang harus dimulai dari awal. Jawaban bijaknya adalah memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda entah itu pekerjaan yang lama atau pekerjaan yang baru.

Bagaimana kita tahu pekerjaan yang sesuai dengan passion itu yang mana? Cara mudahnya adalah jika Anda melakukan pekerjaan itu dengan penuh semangat, antusias, gembira bahkan seandainya tidak dibayar pun Anda akan dengan senang hati melakukannya. Memangnya ada pekerjaan yang semacam itu? Tentu saja ada, ini bukan tentang jenis pekerjaannya, melainkan tentang passion orang yang melakukannya. Pekerjaan atau profesi yang sama bisa menjadi passion seseorang dan bukan passion bagi orang yang lain.

Beberapa klien tes bakat menanyakan profesi apa yang sesuai dengan bakat yang dimilikinya. Jawaban yang saya berikan selalu sama, profesi yang sesuai dengan Anda adalah profesi yang menjadi passion Anda, pekerjaan yang sesuai dengan lentera jiwa Anda. Kalau begitu apa pentingnya tes bakat? Bakat akan mudahkan menjalani profesi lentera jiwa Anda.

Saat seseorang tahu tentang lentera jiwanya, maka dia tidak perlu lagi menanyakan mau ambil jurusan apa, mau kuliah dimana, mau berprofesi apa setelah lulus nanti. Beberapa mahasiswa mengaku salah memilih jurusan, tersesat di ilmu yang ditekuni. Padahal tersesat itu khan baik hehehehe, baca saja artikel Tersesatlah. Jika tidak memiliki tujuan maka semua jalan nampak sama dan membingungan. Namun ketika sudah memiliki tujuan, maka menjadi mudah untuk memilih jalan mana yang akan ditempuh.

Pemain biola di stasiun bawah tanah itu ternyata adalah seorang musisi terkenal. Dia memainkan lagu-lagu terindah. Meskipun begitu banyak orang yang melewatkannya begitu saja, karena setiap orang memiliki prioritas masing-masing. That’s OK. Jika Anda pernah melewatkan banyak hal indah di dalam hidup ini, pastikan Lentera jiwa bukan salah satunya.

Salam Berkelimpahan

The Motivator Doctor, 17 Januari 2012

*Topik ini adalah bahasan acara Ngudi Larasing Pakarti di Radio Sonora Jogja edisi 16 Januari 2013.

mau ngobrol dengan saya? bisa follow twitter @DokterAgungKris atau mau undang saya untuk bicara di institusi/komunitas Anda bisa hubungi ke 0812 8493 1800  atau Ingin mengetahui potensi diri Anda? klik disini

Leave a comment