Tiga KEAHLIAN Dokter

Tiga KEAHLIAN Dokter

Sebelum melanjutkan membaca tulisan ini, semoga di tahun yang baru ini kita semua semakin diberikan kelimpahan dan kebahagiaan. Amin.

Anda pastinya sudah tahu 3 senjata seorang dokter bukan? Belum? Silahkan baca artikelnya disini. Nah, sekarang saya mau menceritakan 3 keahlian yang harus dimiliki seorang dokter. Pertama, memiliki pengamatan yang tajam. Kedua, harus memiliki keberanian dan ketiga, seorang dokter harus berhati lembut seperti saya pernah diberitahu oleh dosen saya waktu itu.

Alkisah, seorang Dokter senior sedang menguji para mahasiswa apakah mereka memiliki ketiga hal tersebut diatas. Mereka diminta merawat seorang yang sakit berdarah-darah di IGD. Setelah menolong mereka dengan lembut, sang Dokter mengatakan “Bagus, kalian lulus syarat ketiga!”   Ujian selanjutnya untuk menguji keahlian pertama dan kedua, Sang dokter mengeluarkan satu mangkok yang berisi cairan yang menjijikkan. Tanpa ragu dokter tersebut mencelupkan jari tangannya dan menjilat jari tersebut.  Kemudian mengatakan “Tirukan yang saya lakukan!” Para mahasiswa mendadak pucat, namun demi lulus ujian mereka pun melakukan hal yang sama. Hasilnya hampir semua mahasiswa mutah-mutah.

Mari kita lanjutkan pembahasan tentang outcome, Anda bisa membaca di artikel ini untuk bagian sebelumnya. Setelah Anda gunakan 3 kriteria yang sudah ditulis di artikel tersebut, maka outcome Anda menjadi lebih jelas, lebih mudah dan cepat dicapai.

Kriteria berikutnya yaitu pastikan outcome tersebut selaras dengan nilai-nilai yang selama ini Anda yakini. Seorang sahabat yang akan dipromosi ke level lebih tinggi merasa gamang. Orang-orang di posisi yang lebih tinggi tersebut, jika bukan seorang single adalah orang yang single parent (single juga).  Sahabatnya saya berusaha menjelaskan bahwa pilihan untuk berprestasi di level tersebut berarti harus mengorbankan keluarga. Padahal sahabat saya adalah seorang yang familyman sejati. Konflik kepentingan semacam ini membuat outcome tidak mudah diraih.

Outcome baru Anda harus menjaga manfaat dari outcome yang lama. Misalnya Anda putuskan untuk berhenti merokok. Dulu outcome merokok Anda karena ingin tampil gagah, keren, relaks atau mudah diterima di lingkungan pergaulan Anda. Setelah Anda hentikan rokok sekarang, maka keinginan untuk tampil gagah, keren, relaks dan mudah bergaul tersebut tetap terpenuhi dengan cara lain. Jika hal ini sudah terpenuhi, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak segera berhenti merokok sekarang.

Akseslah Sumber Daya yang anda miliki. Saat Anda ingin tampil penuh percaya diri, maka ingat kembali peristiwa yang buat Anda percaya diri. Peristiwa apapun itu. Kemarin saya berjumpa dengan seseorang, yang mengatakan jika dia berdoa di tengah alam terbuka, maka dia sangat berasa khidmat dan khusyuk. Nah, maka tinggal mengingat pengalaman khusyuk saat berdoa di alam terbuka tersebut dan dibawa kembali setiap kali akan berdoa. Maka “rasa” itu akan mudah didapatkan kapanpun, tanpa harus di alam terbuka. Jika rasa khusyuk bisa dipindahkan, bagaimana dengan rasa bahagia, rasa damai, rasa dicintai, rasa sabar, tentunya juga bisa dimunculkan kembali kan? Inilah yang dimaksud Akses Sumber daya yang Anda miliki.

Definisikan dan kerjakan langkah pertamanya. Setelah semua hal Anda lakukan, maka mulailah action langkah pertamanya. Saat Anda punya outcome menjadi penulis buku best seller, maka langkah pertamanya mulailah menulis artikel setiap hari seperti yang saya lakukan ini. Mungkin Anda belum tahu langkah detail selanjutnya seperti apa, namun langkah pertama Anda pasti akan membuka jalan selanjutnya.

Sang Dokter senior tersenyum dan mengatakan. “Bagus kalian lulus syarat kedua karena memiliki keberanian, namun kalian tidak lulus syarat pertama karena kalian tidak memperhatikan bahwa jari telunjuk yang saya jilat bukanlah jari tengah yang saya celupkan.

Salam Berkelimpahan.

The Motivator Doctor, Purawisata 15,11,12

mau ngobrol dengan saya? bisa follow twitter @DokterAgungKris atau mau undang saya untuk bicara di institusi/komunitas Anda bisa hubungi ke 0812 8493 1800  atau Ingin mengetahui potensi diri Anda? klik disini

2 thoughts on “Tiga KEAHLIAN Dokter

  1. Kiki Aufa I., dr

    Wah…mantap sekali artikel ini. Penuh “isi”, padat “nutrisi”, dan bahasa yang digunakan sangat luwes dan mengalir. Saya jadi terbawa pada masa-masa co-ass dulu. Salam berkelimpahan untuk dr.Agung…

    Reply

Leave a comment