Alasan

Alasan

The Motivator DoctorApa yang Anda ketahui tentang Finlandia? Negara asal telpon genggam Nokia. Ya benar sekali. Konon ketika Finlandia terbebas dari Rusia, maka dibuatlah garis perbatasan antara kedua negara tersebut. Ternyata garis perbatasan itu melintasi sebuah rumah milik seorang kakek tua. Maka demi alasan kemanusiaan maka si pemilik rumah itu diberi kebebasan untuk memilih apakah tetap bergabung dengan Rusia atau bergabung dengan negara Finlandia. Pihak Rusia mengutus tentara untuk membujuk dengan segala cara agar si kakek itu tetap bergabung dengan negara Rusia. Dipersuasi dengan cara demikian maka si kakek perlu mencari alasan yang masuk akal.

Alasan berarti dasar bukti (keterangan) yang dipakai untuk menguatkan pendapat. Penggunaan kata alasan akhir-akhir ini, membuat kata ini mengalami penyempitan makna. Seringnya kata alasan digunakan untuk menguatkan pendapat yang tidak memberdayakan membuat alasan telah menjadi penghambat kemajuan, alasan adalah kambing hitam kegagalan.

Kenapa Anda terlambat? Kenapa Anda belum berhasil ? Kenapa Anda belum mencapai goal Anda? Apapun jawaban Anda dari pertanyaan itu menghasilkan alasan. Dan jawaban Anda adalah bukti untuk menguatkan pendapat kenapa Anda terlambat, kenapa Anda belum berhasil, kenapa Anda belum mencapai goal Anda. Jawaban dari pertanyaan “kenapa” adalah alasan.

Jangan banyak alasan, jangan beralasan, kamu ini banyak alasan, ah alasan saja bisanya. Pernah mendengar kalimat kalimat tersebut? Kata alasan sudah menjadi kata yang kurang positif. Jadi apakah alasan itu tidak baik? Bukankah semua itu tergantung konteksnya? Benar sekali. Alasannya hanya memberikan penguatan atas pendapat Anda, jadi tergantung pendapatnya kan? Jika pendapat Anda baik dan memberdayakan maka alasan akan menjadikannya semakin baik dan memberdayakan. Alasan hanyalah sebuah jawaban.

Sebuah jawaban tergantung dari pertanyaannya kan? Questions are the answers. Di tulisan lain akan kita bahas pertanyaan apa saja yang memberdayakan diri Anda.

Kenapa Anda mau resolusi tahun berhasil? Kenapa Anda ingin tahun ini menjadi tahun terhebat Anda? Kenapa Anda adalah pribadi unik yang luar biasa? Semua jawaban pertanyaan ini juga adalah alasan.

Akhirnya si kakek tua itu menemukan alasan yang cerdas. Seumur hidupku aku selalu bangga tinggal di Rusia, aku hidup dari tanahnya, aku minum dari airnya. Seluruh tubuhku ini adalah Rusia. Namun aku sadar, bahwa di usia tuaku ini aku hanya bisa meminta dan tak lagi memberi, aku adalah beban bagi negaraku. Supaya berkurang beban bagi Rusia, dan bertambah beban bagi Finlandia, maka sebaiknya rumahku tidak lagi masuk  wilayah Rusia. Lagi pula musim dingin di Rusia sekarang ini sering membuat lututku terasa nyeri.

Alasan kadang tidak perlu benar, hanya perlu masuk akal. Jadi, kenapa Anda harus sukses tahun ini?

Salam Berkelimpahan

The Motivator Doctor 4 Januari 2013

mau ngobrol dengan saya? bisa follow twitter @DokterAgungKris atau mau undang saya untuk bicara di institusi/komunitas Anda bisa hubungi ke 0812 8493 1800  atau Ingin mengetahui potensi diri Anda? klik disini

Leave a comment