Bukan Apa Melainkan Bagaimana

Bukan Apa Melainkan Bagaimana

Dalam sebuah sesi konsultasi beberapa waktu yang lalu, saya bertemu dengan sepasang  suami istri yang sudah lama menikah. Sang suami adalah seorang juragan tembakau di sebuah kota di Jawa Tengah, sedangkan istrinya adalah seorang dokter gigi. Si dokter gigi ini mengeluhkan bahwa suaminya adalah orang yang tidak romantis. Dia mencontohkan saat akan pergi ke sebuah pesta, sang istri sudah berdandan dengan sebaik mungkin dan apa yang dikatakan suaminya? Dokter gigi ini merasa bahwa sang suami itu memperolok dirinya, sementara sang suami merasa bahwa ia telah memberi pujian terbaiknya. Kok bisa?

Saat dulu masih bekerja di sebuah RS, seorang sahabat mengatakan, kerja itu tidak usah banyak ide, gunakan Prinsip 7,14, 28. Wow apa itu? Koq seperti sebuah deret matematika. Yang maksudkan dengan 7, 14, 28 adalah masuk kerja jam 7, pulang jam 14, dan tanggal 28 gajian. Oooo

Berbicara mengenai passion adalah hal yang paling membuat saya semangat. Passion adalah bahan bakar kendaraan hidup Anda. Kemanapun arah dan tujuan hidup Anda, akan lebih cepat dan mudah dicapai dengan menggunakan passion. Passion akan memberikan enegi yang berlimpah.

Saya pernah bertemu dengan orang-orang yang bekerja dengan passion. Semangat mereka bagaikan bola energi yang terasa bahkan sebelum mereka berkata-kata. Atmosfer yang ada begitu positif dan bersemangat.  Dan tentunya Anda tahu bahwa semangat itu menular bukan?

Lalu bagaimana cara mengetahui apa passion kita? Pertanyaan cerdas ini pernah ditanyakan oleh seorang sahabat dan mungkin juga adalah pertanyaan Anda. Apakah Anda pernah merasa bahwa malam terlalu panjang dan tidak sabar untuk segera pagi dan melakukan suatu aktivitas tertentu? Aktivitas yang akan Anda lakukan dengan bersemangat dan sungguh-sungguh. Bahkan seandainya Anda tidak dibayar pun Anda tetap melakukan dengan antusias yang sama. Jika jawaban Anda Ya pernah. Selamat artinya Anda sudah tahu apa passion Anda. Jika jawaban Anda belum pernah, sekarang Anda tinggal pikirkan, hal apa yang  sesuai dengan kriteria di atas.  Mudah kan?

Jika ternyata passion tidak sesuai dengan pekerjaan saya sekarang gimana dong? Lakukan saja dua-duanya, passion Anda akan jadi sumber energi bagi pekerjaan Anda sekarang. Jika passion Anda sudah hasilkan pendapatan yang Anda rasa cukup, tinggal pilihan Anda untuk ganti pekerjaan atau tetap lakukan keduanya.

Sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan passion akan terlihat pada cara Anda melakukannya. Passion bukan tentang Apa yang Anda lakukan melainkan tentang bagaimana cara Anda melakukannya.

Ketika prinsip 7, 14, 28 diterapkan, maka perbedaannya terlihat pada saat jam 7-14, apakah antusias dan bersemangat ataukah sekedar menunggu waktu pulang saja. Passion tidak hanya mengubah cara Anda bekerja, melainkan juga cara Anda menjalani hidup ini. Bukankah hidup terlalu berharga untuk dijalani biasa-biasa saja? Anda perlu jalani  hidup secara Luar Biasa dengan passion Anda.

“Kamu sudah cantik seperti artis “, itulah komentar yang diberikan oleh sang suami dokter gigi tersebut. Menurunya, artis adalah wanita yang paling cantik sehingga komentar itu merupakan pujian tertinggi bagi istrinya. Ternyata ini bukan tentang apa yang Anda katakan melainkan bagaimana cara Anda mengatakannya. Itu membuat perbedaan yang besar, sama halnya seperti passion. Jadi, apa passion Anda?

nDalem Mondorakan 6 November 2012

mau ngobrol dengan saya? bisa follow twitter @DokterAgungKris atau mau undang saya untuk bicara di institusi/komunitas Anda bisa hubungi ke 0812 8493 1800 

Leave a comment