Lakukan Hal Yang Berbeda

Lakukan Hal Yang Berbeda

Seorang pria muda yang jenuh dengan kehidupannya datang kepada seorang dokter. Setelah selesai curhat tentang kejenuhannya, maka pria itu menyatakan bahwa dia ingin mati saja. Sang Dokter menatap pria itu dengan datar. Paham dengan apa yang dialami pasiennya, maka ia memberikan sebuah botol berisi 30 pil berwarna putih. “Pil ini adalah racun yang mematikan,  minumlah satu hari satu butir dan  setelah 30 hari maka game over, selesai.  Bapak boleh minum 1 butir sekarang dan sisanya mulai besuk. Karena Anda tinggal punya waktu 1 bulan, mungkin Anda bisa pertimbangkan untuk melakukan hal yang belum pernah Anda lakukan”.

Setelah keluar dari tempat praktik dokter tersebut, sang pria mulai memikirkan hal apa yang belum pernah dilakukan. Maka mulailah dia mendaftar hal-hal yang ingin dia lakukan. Mulai dari belajar main skateboard, menyelam, mendaki gunung, belajar dansa, dll. Dia lakukan satu-persatu kegiatan itu sambil meminum pil racun setiap harinya.

Definisi kegilaan menurut Albert Einstein adalah doing the same thing over and over again and expecting different results, melakukan hal yang sama terus menerus dan mengharapkan hasil yang berbeda. Jika mengacu pada definisi Einstein ini, pastinya banyak sekali orang yang akan dianggap gila. Bukankah ada karyawan yang melakukan pekerjaan yang sama, malah semakin menurun performanya, namun mengharapkan kenaikan gaji setiap tahunnya? Saya dulu pernah begitu.

Saat sekarang ini, Anda merasa belum mendapatkan hal yang Anda inginkan, apakah mengubah cara adalah hal cerdas yang bisa Anda lakukan? Saya teringat salah satu presuposisi dalam NLP yaitu there is no failure, only feedback. Tidak ada yang dinamakan kegagalan, hanya feedback. Feedback apa? Feedback bahwa cara yang Anda lakukan belum memberikan hasil yang Anda inginkan. Semua cara memberikan hasil, anda tinggal memilih hasil yang Anda inginkan. Ubah caranya, lakukan hal yang berbeda.

Melakukan yang berbeda, adalah hal yang mudah. Setelah cara yang berbeda memberikan hasil yang Anda inginkan maka bentuklah kebiasaan. Berapa lama kebiasaan baru akan terbentuk? Yah pertanyaan salah dong, koq pake lama? OK baiklah, berapa cepat kebiasaan baru akan terbentuk? Nah itu baru pertanyaan yang benar. Questions are the answers. Seberapa cepat kebiasaan baru terbentuk, secepat Anda putuskan miliki kebiasaan baru itu. Masa semudah itu? Yah semudah dan secepat keputusan Anda. Saat saya putuskan menulis 1 artikel setiap hari, maka menulis artikel setiap hari sudah menjadi kebiasaan saya sekarang. Jadi kebiasaan baru apa yang Anda ciptakan, sekarang?

Berhentilah menjadi orang gila. Lakukan yang berbeda agar Anda  dapatkan hasil yang berbeda. Eintein juga  pernah mengatakan, masalah yang sama tidak bisa diselesaikan dengan pola pikir yang sama saat membuatnya. So, pikirkan berbeda, lakukan yang berbeda, hasilnya pasti berbeda.

Anda tahu setelah pria muda itu melakukan hal-hal baru mendadak hidupnya berubah, kejenuhannya hilang, gairahnya kembali berkobar, hidup begitu indah dan dia merasa konyol untuk meneruskan minum pil itu, maka dia cepat-cepat datang ke dokternya untuk minta obat penawarnya.  Sahabat, saat Anda merasa senasib dengan pria muda itu, tidak perlu datang ke saya untuk meminta pil yang sama, cukup lakukan saja hal yang berbeda maka hidupmu akan berbeda. Salam berkelimpahan.

nDalem Mondorakan, My Mother’s Birthday, 9 November 2012

mau ngobrol dengan saya? bisa follow twitter @DokterAgungKris atau mau undang saya untuk bicara di institusi/komunitas Anda bisa hubungi ke 0812 8493 1800 

1 thought on “Lakukan Hal Yang Berbeda

  1. Pingback: Jangan Berusaha « Motivator | Dokter | Inspirator | Coach | Trainer | HypnoTherapist

Leave a comment