Pahlawan

Pahlawan

Hari ini, tanggal yang cantik, 10-11-12 adalah Hari Pahlawan, tahu dong? Apakah sudah mengheningkan cipta untuk menghormati jasa-jasa mereka jam 8.15 tadi? Sudah?  Bagus artinya Anda warga negara yang taat aturan, karena saya juga dapat SMS atas nama Kemkominfo yang menghimbau untuk melakukan hal tersebut. Jika belum, mungkin Anda tidak punya HP, atau nomornya belum dikenal oleh Kemkominfo. Hehehehehe. Jika belum mengheningkan cipta, Anda bisa koq lakukan sekarang.

Kata pahlawan berasal dari kata “phala” dari bahasa Sansekerta, yang bermakna hasil atau buah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pahlawan berarti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani.

Berbicara mengenai kepahlawanan, saya jadi ingat film Up in The Air, yang dibintangi George Clooney. Film itu sendiri menceritakan kisah tokoh utama yang berprofesi memecat orang di berbagai perusahaan. Salah satu percakapan yang menarik adalah saat dia memecat seorang manajer. Manajer itu merasa down dan saat itu dengan cerdiknya George memaknai kepahlawanan.

Setiap orang boleh memaknai sesuai dengan pendapatnya masing-masing. Jika Anda  bijak, pastinya akan memberi makna yang memberdayakan diri dan bukan sebaliknya. Hal persis sama bisa dimaknai berbeda oleh orang yang berbeda. Apakah Badut itu menyenangkan? Tergantung dari pengalaman Anda sebelumnya. Beberapa orang akan tersenyum ketika memikirkan seorang badut, namun ada juga yang berkeringat dingin bahkan ketakutan. Orang yang tidak nyaman pastinya memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan terkait dengan sosok tersebut. Pengalaman itulah yang kemudian menjadi referensinya, sehingga hal yang sama bisa dimaknai berbeda.

Jika sudah terlanjur memaknai yang tidak memberdayakan terus bagaimana dong? Ya ubah maknanya atau dimaknai ulang saja, istilah kerennya Reframing, di buat Frame yang baru. Misalnya dulu setiap ada bunyi burung gagak di RS saya berpikir akan ada pasien yang meninggal, sekarang setiap mendengar suara burung gagak, saya pikirkan pasien mana yang sembuh dan boleh pulang.  Anak yang ngeyelan dimaknai-ulang anak yang berpendirian teguh. Mudahkan?

Pahlawan adalah orang yang mewujudkan impiannya, demikian papar George Clooney. Artinya setiap orang bisa menjadi pahlawan. Tidak harus menunggu pengesahan dari institusi tertentu khan? Jika demikian, saya tidak tahu apakah Anda akan jadi pahlawan untuk diri Anda sendiri atau orang-orang yang Anda cintai?

O ya, sudah mengheningkan cipta kan? Jika belum sempat karena membaca artikel ini, mungkin sekarang saat tepat untuk mulai.Pikirkan jasa-jasa pahlawan pendahulu kita dan impian apa yang akan Anda wujudkan. Selamat Hari Pahlawan. Salam Berkelimpahan.

Gedung Diklat PU, 10.11.12

mau ngobrol dengan saya? bisa follow twitter @DokterAgungKris atau mau undang saya untuk bicara di institusi/komunitas Anda bisa hubungi ke 0812 8493 1800 

Leave a comment