Berikan Lebih

Berikan Lebih

Salah seorang sahabat saya pernah mengeluhkan tabiat tukang parkir di wilayah Jogjakarta yang jarang mengucapkan terima kasih. Saya tidak tahu apakah yang dimaksud adalah tukang parkir konvensional, ataukah petugas parkir yang sudah dikelola profesional, atau malah keduanya? Pastinya keluhan ini didasarkan atas pengalaman pribadi sahabat saya ini yang jarang mendapatkan ucapan terima kasih dari para tukang parkir. Apakah Anda juga demikian?

Di dalam hukum kekekalan energi dikatakan bahwa energi itu kekal, tidak bisa diciptakan, tidak bisa dimusnahkan hanya berubah bentuk. Dalam bentuk persamaan matematika adalah ∑ usaha = ∑ hasil usaha, sehingga jika kita memberikan usaha 1000 maka akan di dapatkan hasil 1000 juga. Kemudian ada seorang sahabat yang menanyakan ”Lho,saya sudah mengerjakan sekuat tenaga namun koq yang dihasilkan tidak sesuai dengan usaha yang telah dilakukan?” Mungkin ini juga pertanyaan dari sebagian Anda.

Sebuah mobil yang mogok hanya akan maju  jika Anda mendorong ke arah depan. Sebesar apapun tenaga yang anda berikan tidak akan membuat mobil itu maju, jika Anda mendorongnya dari depan atau dari samping. Apakah usaha Anda menjadi sia-sia? Tidak. Saat Anda mendorong mobil tidak dari arah depan, maka mobil tetap akan bergerak hanya arahnya yang berbeda. Demikian juga dengan mencapai tujuan. Usaha Anda dalam mencapai sukses akan lebih mudah jika arahnya sesuai dengan tujuannya Anda. Bagaimana menentukan arahnya?

Tahukan Anda  sukses adalah pikiran yang terwujud? Anda berpikir untuk makan siang dengan menu ayam goreng, maka saat Anda berhasil memakannya saat siang, Anda sudah sukses. Jika Anda pikirkan untuk membeli sebuah buku dan sore nanti Anda mendapatkannya, itu adalah sukses. Bukankah semua dimulai dari pikiran? Pikiran akan menentukan arah usaha Anda. Kalau begitu kenapa tidak mulai saja pikirkan hal-hal yang Anda inginkan sekarang? Begin with the end in mind. Nyatakan goal Anda dengan kalimat yang bermakna buat Anda dan terukur hasilnya. Simple kan?

Setelah tentukan hasilnya, arah usaha Anda lebih jelas khan? Sekarang tinggal gunakan usaha Anda ke arah yang Anda inginkan. Salah satu agar usaha Anda lebih semakin efektif Anda bisa gunakan prinsip berikan lebih. Lebih ini bisa berarti lebih baik, lebih banyak,lebih cepat,lebih tulus, lebih sopan, lebih apapun yang positif tentunya. Karena jika selain positif, maka bukan lebih namanya melainkan kurang, betul kan?

Saat Anda memberikan usaha yang lebih banyak, sesuai dengan hukum kekekalan energi di atas, maka Anda pun akan mendapatkan hasil yang lebih banyak lagi. Jika dulu biasa memberikan usaha 1000 dan mendapatkan hasil 1000, maka dengan memberikan usaha 1500 hasilnya juga akan meningkat menjadi 1500. Pelanggan yang setia biasanya karena mereka mendapatkan apa yang diinginkan dari providernya. Mendapatkan yang diinginkan saja akan menjadikan pelanggan yang setia, bagaimana jika mereka mendapatkan lebih dari harapan mereka, bukankah akan semakin setia? Tentunya hal ini tidak hanya boleh diterapkan kepada customer saja melainkan juga bisa juga kepada pasangan, anak, keluarga, sahabat dan siapapun di sekitar Anda.

Saat sahabat saya tidak mendapatkan ucapan terima kasih dari tukang parkir, maka dengan memberikan lebih, pasti ucapan terimakasih itu mudah didapatkan. Bayarlah dengan uang yang lebih besar dan tidak perlu diminta kembalian, pastinya segera mengalir ucapan terimakasih itu. Apalagi jika uangnya yang diberikan bergambar sang Proklamator he..he..he.. Jadi siapa yang akan  Anda berikan lebih hari ini?

nDalem Mondorakan 1 November 2012

mau ngobrol dengan saya? bisa add pin BB 227 BD 1B8 atau mau mengundang saya untuk bicara di institusi/komunitas Anda bisa hubungi ke 0812 8493 1800 

2 thoughts on “Berikan Lebih

  1. Tripina

    hahaaaaaaa….JLEBBBB
    Memang sih, kadang kala orang mengharapkan apa yang sudah ia berikan…
    Hihihi…akan belajar memberi lebih sebelum mengharapkan lebih 🙂

    Reply

Leave a comment