Gunakan Atau Hilang

Gunakan Atau Hilang

massa-otot-dan-powerJerapah, pada jaman dahulu konon memiliki leher yang pendek. Kawanan mereka makan dari rerumputan hijau dan daun dari tanaman perdu. Tanaman perdu adalah tanaman pendek yang tumbuh di padang rumput. Karena banyaknya hewan herbivora yang makan rumput dan daun tanaman perdu, maka tanaman-tanaman itu lebih cepat habis. Ketika tanaman yang rendah mulai habis, maka jerapah-jerapah tersebut mulai makan daun-daunan dari pohon yang lebih tinggi. Mereka mendongak dan menjulurkan lehernya, berusaha meraih daun-daun di pucuk pohon yang tinggi. Lama-kelamaan maka leher jerapah yang rajin menjulur itu mulai bertambah panjang dan semakin panjang.

Lain lagi dengan kawanan burung onta (Struthio Camelus Camelus). Burung ini adalah binatang berkaki dua tercepat di muka bumi. Mereka mampu lari dengan kecepatan 70 km/jam. Kedua kakinya yang berkembang pesat meninggalkan kemampuan sayapnya. Sayap burung ini dipercaya semakin mengecil dan kehilangan kemampuan untuk terbang. Demikianlah kira-kira ilustrasi teori Jean Baptiste Lamarck, seorang ahli biologis dari Perancis, pioner teori evolusi.

Hukum Use and Disuse, mengatakan bahwa semakin sering kita menggunakan sebuah organ tertentu, maka organ tersebut akan semakin berkembang. Sebaliknya, jika tidak pernah digunakan akan mengecil bahkan menghilang. Binaragawan contohnya. Para atlet binaraga adalah orang-orang yang rajin melatih otot-ototnya, sehingga semakin berkembang dan besar. Mereka melatih otot dengan cara mengangkat beban, melatih kelenturan dan lain-lain.

Berbicara mengenai otot, ternyata tidak hanya otot-otot besar yang bisa dilatih. Otot otot yang kecil pun bisa dan perlu dilatih. Otot dimuka misalnya. Bukankah Anda mudah mengenali wajah orang yang senang tersenyum dan orang yang hobby cemberut? Kenapa bisa demikian, karena otot-otot yang dilatih berbeda dan nampak jelas. Otot cemberut artinya otot yang membentuk ekspresi muka cemberut melibatkan sekitar 43 otot. Otot-otot ini bekerja sama untuk bisa menampilkan wajah yang cemberut. Wow rumit dan komplek ya. Jika untuk cemberut saja melibatkan sekian banyak otot, menurut Anda berapa banyak lagi otot untuk tersenyum?

Selain otot-otot fisik, ternyata kita juga memiliki otot-otot mental yang bisa dan perlu dilatih. Otot mental seperti apa maksudnya? Otot bersyukur, otot berkelimpahan, otot kreativitas, otot berpikir positif, otot menulis dan lain sebagainya. Btw Anda pun bisa menciptakan dan menamakan otot-otot mental sesuai dengan kebutuhan Anda. Otot sabar misalnya, atau otot gembira, otot semangat,otot belajar. Otot-otot mental ini mengikuti hukum Use and Disuse. Jika ingin menjadi orang yang sabar, maka Anda harus sering melatih kesabaran Anda. Jika Anda ingin bersemangat Anda harus sering melatih otot semangat Anda, begitu juga dengan belajar dan otot-otot mental lainnya. Jika Anda ingin memperkuatnya, memperbesarnya Anda harus sering berlatih dan menggunakannya.

Antara tersenyum dan cemberut lebih mudah mana? Kayaknya cemberut deh. Alasannya? Banyak orang yang cemberut. Hahahahaha. Jika banyak dilakukan orang maka menjadi lebih mudah ya? Tentu saja. Berarti lebih mudah menjadi sehat daripada tidak khan? Artikel tentang mudah menjadi sehat ada di sini. Anda juga bisa dapatkan versi DVDnya.

Meski orang banyak mengira cemberut lebih mudah dibanding tersenyum, namun otot-otot wajah untuk membuat tersenyum ternyata lebih sedikit daripada cemberut. Otot untuk tersenyum hanya melibatkan sekitar 17 jenis otot, hanya sepertiga dari jumlah otot cemberut. Namun jika demikian kenapa orang tidak mudah tersenyum? Jawabannya adalah use and disuse. Jadi apakah Anda ingin mudah tersenyum? Seringlah tersenyum, biasakanlah, maka otot-otot senyum Anda akan terlatih.

Dari semua spesies, manusia adalah spesies yang paling unggul. Keunggulannya bukan pada besarnya otot yang dimiliki, bukan pada kecepatan gerak yang dipunyai, melainkan pada kemampuannya untuk belajar dan beradaptasi. Manusia mampu untuk mempelajari apapun yang dirasakan membantu kehidupannya.

Untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan burung onta mengembangkan kemampuan berlari dan kehilangan kemampuan terbang, Kawanan jerapah memperpanjang lehernya untuk bertahan hidup, semuanya sesuai dengan hukum use and disuse. Tentunya manusia mampu menggunakannya dengan lebih bijak dan powerfull. Jadi apapun yang Anda inginkan untuk berkembang, latih dan gunakanlah atau hilang. Salam berkelimpahan dan Berkah Dalem.

The Motivator Doctor ,On My daughter birthday

4 thoughts on “Gunakan Atau Hilang

Leave a comment