Stay Young

Stay Young

Salah satu orator terhebat di negara kita ini adalah Bung Karno. Kepiawaiannya berbicara dan membangkitkan semangat rakyatnya belumlah disamai oleh para pemimpin negara setelah era beliau. Salah satu kutipan yang menarik untuk direnungkan adalah “Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia.” Benarkah seorang pemuda bisa sehebat itu?

Soekarno sendiri saat menjadi presiden RI pertama di usia 44 tahun, meskipun kiprahnya di dunia pergerakan sudah mulai sejak masih belia. Nelson Mandela, penerima nobel perdamaian tahun 1993, menjadi presiden di Afrika Selatan setelah era politik apartheid di usia 76 tahun. Sudah tidak muda lagi tentunya. Apakah hanya pemuda yang mampu mengubah dunia?

Hari minggu yang lalu saya berbicara di sebuah seminar nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) Universitas Tadulako Palu Sulawesi Tengah. Berbicara di hadapan para pemuda dan pemudi yang penuh antusias selalu memberikan inspirasi bagi diri saya sendiri. Bagaimana tidak, di hadapan saya adalah para pemegang masa depan dunia kesehatan Indonesia. Mereka muda, antusias belajar, bersemangat tinggi, dan berani Action.

Orang-orang yang merasa tidak muda lagi, banyak melakukan berbagai upaya agar terlihat muda kembali. Mulai dari mengatur diet, perawatan kulit, bahkan operasi plastik. Upaya – upaya ini masih bersifat jasmani luar saja. Padahal kita tahu, sesuatu yang berasal dari dalam akan lebih bersifat tahan lama dan permanen. Jadi bagaimana supaya kemudaan itu muncul dari dalam?

Menjadi muda artinya menjadi penuh semangat, antusias, hasrat belajar yang tinggi, berani action, dan terbuka dengan perubahan. Masak sih? Lho, lihat saja orang-orang yang sudah tidak muda lagi, mereka memiliki sikap yang berlawanan dengan yang saya sebutkan tadi. Jadi muda bukanlah masalah usia ya? Absolutely not, Age is the state of mind.

Apakah Anda sadari bahwa orang-orang yang penuh antusias selalu terlihat lebih muda? Jadi bagaimana supaya selalu terlihat lebih mudah? Simple, jadilah antusias. Orang yang kehilangan antusias akan selalu terlihat lamban dan tua, meskipun usianya belia. Jadi bagaimana supaya selalu antusias? Do what you like, like what you do.

Menjadi awet muda bukan saja tentang klinik kecantikan, tidak semata-mata urusan apa yang dimakan, atau perawatan apa yang diberikan, namun juga tentang apa yang Anda pikirkan dan apa yang Anda lakukan. Selama Anda antusias, penuh semangat, mau belajar dan bersedia berubah, Anda akan selalu tampak muda seperti saya amati dari para pemuda di Palu hari Minggu lalu.

Sukarno tidak sedang bicara usia ketika mengatakan satu pemuda yang mampu mengubah dunia. Dia bukan bicara tentang pemuda umur belasan atau duapuluhan tahun saja, namun tentang semua pemuda (dan pemudi tentunya). Ketika orang hanya berani bermimpi tanpa aksi, maka dia golongan orang tua. Namun jika dia berani bekerja wujudkan impian, maka dia adalah pemuda, berapapun usianya. Orang yang berani mewujudkan impian akan mengubah dunia, dunianya sendiri dan dunia orang-orang di sekitarnya. So, action and stay young.

Salam Berkelimpahan.

The Motivator Doctor, nDalem Mondorakan, 20.11.12 

mau ngobrol dengan saya? bisa follow twitter @DokterAgungKris atau mau undang saya untuk bicara di institusi/komunitas Anda bisa hubungi ke 0812 8493 1800  atau Ingin mengetahui potensi diri Anda? klik disini

6 thoughts on “Stay Young

  1. Lisa

    Harus stay young baik di pikiran+semangat mau pun dalam penampilan (^_*)..balancing di antara keduanya perlu..thanks for sharing Dok..GBU

    Reply
  2. Tripina

    Saya ingin dan akan menjadi muda selalu…apalagi setelah membaca artikel ini 🙂
    Trimakasih anak muda (dr. Agung), yang slalu berkelimpahan.

    Reply

Leave a comment