Satu Permintaan

Ada seorang anak muda yang mendapatkan anugrah dari para dewa. Sang dewa akan mengabulkan satu permintaan apapun yang diminta oleh pemuda itu. Maka ia pun mencari tahu permintaan apa yang sebaiknya diminta. Dia bertanya kepada teman-teman dan kerabatnya. Kekayaan, apalagi yang dibutuhkan manusia selain kekayaan. Ada yang mengatakan kekuasaan, dengan kekuasaan kamu bisa mendapatkan apapun yang kamu inginkan. Umur panjang, dengan umur panjang kamu bisa nikmati hidup lebih lama. Yang lain mengatakan kesehatan, apa artinya kekayaan, kekuasaan,umur panjang kalo tidak sehat dan sakit-sakitan.

Saya pernah bertemu dengan seorang nenek berumur 90-an yang masih sangat sehat. Sang nenek sedang menunggui keluarganya yang sedang dirawat. Beliau meminta untuk bertemu dokter jaga untuk menanyakan keadaan cucunya.  Waktu itu sayalah dokter jaga bangsalnya, sehingga saya yang menjelaskan keadaan cucunya. Seingat saya, cucunya sakit demam berdarah, dan sudah dalam masa pemulihan, sehingga dalam beberapa hari sudah bisa pulang. Nenek itu mendengarkan dengan seksama, sambil sesekali menanyakan hal yang belum dimengerti. Dalam usia yang cukup lanjut,nenek itu masih bisa bicara dengan jelas,berjalan dengan lancar, bahkan pendengarannya pun masih normal. Jauh berbeda dengan orang-orang seusianya yang pernah saya temui di RS.

Setelah selesai menjelaskan, saya pun menyatakan kekaguman saya atas kondisi kesehatan sang nenek. Saya juga menanyakan apa rahasia berumur panjang dan tetap sehat. Apakah nenek olahraga teratur? Apakah mengatur makan? Atau vitamin atau jamu rahasia yang rutin diminum? Nenek itu hanya tersenyum.

Dia mengaku tidak secara sengaja mengatur makanan, juga tidak mempunyai waktu khusus untuk berolahraga dan juga tidak mengkonsumsi vitamin atau jamu tertentu. Saya pun semakin penasaran, “Jadi menurut menurut Nenek apa yang membuat Nenek berumur panjang dan sehat?”  Hidup itu anugrah Tuhan, saya hanya selalu buat hati gembira dan syukuri hidup ini, demikian jawab Sang Nenek ini. Jawaban yang sederhana dan mencerahkan.

Sang Pemuda masih juga belum bisa memutuskan apa yang harus dimintanya. Jawaban dari teman dan kerabat yang beragam malah membuat diri bingung. Dalam kebingungannya dia bertanya kepada Sang Dewa,”Wahai Dewa yang Bijaksana, apakah yang seharusnya aku minta?”Sang Dewa pun menjawab,“Mintalah hati yang selalu berkecukupan, apapun yang kamu terima.”

nDalem Mondorakan 4 November 2012

mau ngobrol dengan saya? bisa follow twitter @DokterAgungKris atau mau undang saya untuk bicara di institusi/komunitas Anda bisa hubungi ke 0812 8493 1800 

2 thoughts on “Satu Permintaan

Leave a comment