MANGAYU HAYUNING BAWONO

MANGAYU HAYUNING BAWONO

Mangayu Hayuning Bawono adalah semboyan yang tertulis di logo Pemerintah Kota Yogyakarta dan ada di seragam setiap PNS Kota Jogja. Filosofi jawa ini memiliki arti memperindah keindahan dunia.

Di dalam kosmologi Jawa, dunia bisa berarti jagad cilik (dunia kecil) ataupun jagad gedhe (dunia besar). Dunia kecil adalah diri sendiri, dengan segenap mind, body dan soul. Dunia besar adalah alam semesta.

Karena keselarasan kedua jagad ini penting, maka  mengelola diri sendiri (dunia kecil) adalah awal yang baik untuk memulai Mangayu Hayuning Bawono.

Di depan 150-an para PNS pemkot Yogyakarta, kelola diri ini saya sampaikan dalam kegiatan Pembinaan Mental dan Spiritual.

Jika mau menciptakan dunia yang bahagia maka mulailah dengan ciptakan kebahagiaan di dalam diri. Banyak orang mencari kebahagiaan dari luar dirinya, sementara kebahagiaan sejati berada di dalam dirinya.

Orang mengira kebahagiaan diperoleh dengan memiliki atau mendapatkan sesuatu, dan kita tahu bahwa kebahagiaan jenis ini tidak bertahan lama. Kebahagiaan adalah tentang pilihan dan keputusan untuk bahagia.

So, apapun keadaannya, Anda boleh pilih dan jadi bahagia dengan hidup Anda. Sambil Anda memutuskan membahagiakan dunia kecil Anda sekarang, maka tanpa Anda sadari dunia besar Anda akan menyelaraskan dengan jagad cilik Anda.

Jadi apa kabar hari ini? Saya BAHAGIA.

#pemkotYogyakarta #PNSKotaJogja #Happines #MangayuHayuningBawono

Leave a comment