LARON

LARON

Pagi ini menjadi seru sekali, ketika Axl dan Bielle asyik berburu laron. Laron adalah fase dewasa salah satu jenis rayap. Hewan ini termasuk golongan serangga berordo isoptera biasa muncul setelah hujan dan beterbangan mengelilingi cahaya lampu. Laron ini punya waktu satu malam untuk mencari pasangannya untuk membuat koloni atau mati. Fuiiiihhhhh cinta satu malam yang sangat menegangkan bukan?

Orang-orang dulu mengatakan bahwa laron berasal dari kuku orang yang sudah meninggal. Entah kenapa? Mungkin karena sayap-sayapnya yang menyerupai kuku-kuku manusia, atau karena banyak ditemukan laron di daerah kuburan.

Kita memang senang menghubungkan suatu hal dengan hal yang lain. Seperti tulisan kemarin tentang matematika dan kata-kata. Tulisan kali ini akan melanjutkan hubungan lain antara matematika dan kata-kata.

Tentunya Anda tahu tanda minus atau negatif, biasa ditulis dengan .Setiap bilangan yang diberikan tanda negatif, nilainya akan lebih kecil dari angka nol, misalnya -5, -12, -1976. Semakin besar angka yang diberi tanda negatif, semakin kecil nilainya.

Tanda negatif di dalam kata-kata diwakili oleh kata TETAPI. Kata tetapi akan membalik atau menegasikan kalimat sebelumnya. Gadis itu cantik tetapi galak. Kata tetapi galak menghilangkan kecantikan gadis tersebut. Betapa seringnya kita berbicara dengan orang dan mengatakan,” Iya sih, tetapi….” Kalimat apapun yang disambungkan sesudah kata tetapi hanya menunjukkan ketidak setujuan Anda, padahal sebelumnya sudah Anda mengucapkan Iya. Kata tetapi membalikkan, menegasikan, atau menentang kalimat sebelumnya.

Sahabat sekaligus mentor saya – Pak Istoto, seorang trainer dan master NLP terkenal seperti saya juga pernah dinasehati beliau bahwa jika ada orang yang meminta pendapat dan orang itu banyak menggunakan kata tetapi, maka sebenarnya dia tidak sedang mendengarkan Anda.

Lalu apakah kata tetapi sebaiknya tidak digunakan? Tergantung dari penggunaannya. Jika Anda mengatakan Goal ini tidak mudah tetapi saya akan mencapainya, atau banyak tantangan di depan mata tetapi kita akan mengatasinya, maka hasilnya BAIK. Anda bisa mulai perhatikan kalimat pertamanya.  Jika belum positif, balikkan, jadikan positif dengan kata tetapi. Jika kalimat pertamanya sudah positif, kata DAN akan membuatnya tetap positif

Ujian ini tidak mudah, tetapi saya mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. Target bulan ini berat tetapi tim yang tangguh pasti bisa memenuhinya. Anak itu suka bermain tetapi dia rajin belajar. Kalimat-kalimat ini adalah contoh dimana kata tetapi menjadikan kalimat yang kurang positif menjadi positif.

Proyek ini menyenangkan dan perlu banyak penyesuaian supaya berhasil baik. Belajar kelompok itu baik dan belajar sendiri melatih kemandirian. Kalimat-kalimat tersebut awalnya sudah postif, kata DAN membuatnya tetap positif.  Pastinya sudah semakin mengerti tentang penggunaan kata “tetapi”  dan akan gunakan dengan cara yang tepat kan?

Tanda negatif di dalam matematika memang membuat semua bilangan menjadi nilainya kecil. Namun jika nilai negatif dikalikan negatif, maka hasilnya akan positif. Tanda minus akan membalik nilai bilangan negatif menjadi positif.

Sekantong plastik laron hasil perburuan tadi pagi, enaknya digoreng dengan telur dadar atau dibuat peyek ya? Laron goreng memang terkenal kelezatan. Apalagi bagi orang yang suka gigit-gigit kuku. Ciyus? Bukankah laron berasal dari kuku orang mati? he..he..he..he..

Salam Berkelimpahan

The Motivator Doctor, Ndalem Mondorakan, 25,11,12

mau ngobrol dengan saya? bisa follow twitter @DokterAgungKris atau mau undang saya untuk bicara di institusi/komunitas Anda bisa hubungi ke 0812 8493 1800  atau Ingin mengetahui potensi diri Anda? klik disini

 

1 thought on “LARON

  1. Pingback: Berhentilah Mencoba | Motivator | Dokter | Inspirator | Coach | Trainer | HypnoTherapist

Leave a comment