Seri HeartWork : Efektif Dan Efisien

Seri HeartWork : Efektif Dan Efisien

HeartWork  Efektif dan efisienSeorang Profesor saya dulu pernah membahas sebuah lagu jawa di dalam kelas. Beliau memang seorang dosen filsafat dan ahli adat budaya Jawa. Bahkan sering kali beliau menyatakan dirinya sebagai Konsultan Kraton Yogyakarta. Anda tentunya tahu arti konsultan bukan? Jika Anda mengatakan konsultan adalah seorang ahli tempat berkonsultasi seperti saya dulu mengira, maka Anda kurang tepat. Sang profesor ini memiliki arti sendiri tentang kata konsultan itu.

Lagu yang dibahas di kelas adalah lagu mainan anak-anak kecil yang berima seperti pantun. Syair lengkapnya seperti ini, e dhayohe teko, e gelarno kloso, e klasane bedhah, e tambalen jadah, e jadahe mambu, e pakakno asu, e asune mati, e kelekno kali, e kaline banjir, e buangen pinggir. Saya terjemahkan untuk para sahabat yang belum paham. Eh ada tamu datang, eh segera tikar dibentang, eh tikarnya sobek, eh ditutup ketan, eh ketannya basi, eh berikan saja pada anjing eh anjingnya mati, eh buanglah di sungai, eh sungainya banjir, eh buanglah di pinggir.

Pembahasan lagu bertahun-tahun yang silam itu, membuat saya mengingat kembali materi efektif dan efisien. Efektif adalah (tindakan yang) mendatangkan hasil guna. Efisien adalah (tindakan yang) sesuai untuk mengerjakan sesuatu dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga,dan biaya. Efektif dan efisien, dua kata yang sering bergandengan dan berurutan. Lebih penting efektif atau efisien? Bisakah efektif tanpa efisien, atau efisien tanpa efektif?

Cara efektif untuk mendatang seseorang ke rumah Anda adalah cara yang berhasil membuat orang datang ke rumah. Entah Anda datangi dan diajak ke rumah, atau diberikan undangan lewat kurir, atau lewat telepon, email, sms, BBM atau cara yang lainnya. Cara efisien adalah cara yang paling mudah dan murah untuk mengundang orang itu ke rumah Anda. Analogi mendatangkan orang ini tentunya bisa diganti dengan mendatangkan pelanggan, profit, kelulusan, jodoh dan lain-lain.

Cara efektif adalah cara yang berhasil. Bagaimana kita memastikan bahwa cara yang kita lakukan adalah efektif? Lihat hasilnya. Jika hasilnya sesuai dengan yang kita inginkan maka cara itu bisa dikatakan efektif. Seorang ibu pernah berkeluh kesah tentang anaknya,” Anak saya ini, sudah berkali-kali saya nasehati, namun tidak menurut juga”. Hehehehe Anda tentunya tahu sekarang bahwa cara menasehatinya tidak efektif. Mengulang-ulang cara yang tidak efektif hanya akan mendatangkan hasil yang sama yaitu hasil tidak kita inginkan. Jika ingin hasil yang berbeda gunakan pendekatan yang berbeda. Simple khan?

Bisakah cara yang dulunya efektif menjadi tidak efektif? Tentu saja, kenapa tidak? Perubahan adalah hal yang pasti. Itu yang membuat kita senantiasa berkembang dan berubah. Seseorang atau sebuah organisasi yang merasa cara-caranya sudah tidak efektif lagi, artinya alarm perubahan telah berbunyi. Change, ubah caranya, ubah pendekatannya.

Baiklah, cara yang efektif sudah tahu lalu bagaimana dengan cara yang efisien? Cara yang efisien adalah cara yang mudah dan murah selama hasilnya efektif. Artinya cara efisien haruslah dipastikan terlebih dahulu merupakan cara yang efektif. Jadi ada ya cara efisien yang tidak efektif?

Cara efisien mengundang orang datang ke rumah mungkin dengan menggunakan sms atau BBM. Jika kemudian cara itu tidak berhasil, maka itu bukanlah cara yang efektif. Dan jika sebuah cara tidak efektif maka cara efisien tersebut kehilangan nilainya. Cara efisien untuk mengundang pelanggan adalah menggunakan iklan, namun iklan yang seperti apa yang efektif itu perlu dipelajari.

Lagu dolanan bocah yang dibahas di ruang kuliah Fakultas Kedokteran bertahun-tahun lalu itu juga mengajarkan tentang hal ini. Jika seorang tamu datang, maka sambutan yang layak merupakan tujuan atau hasil yang diinginkan. Namun ketika tuan rumah terjebak dalam urusan tikar sobek, ketan basi dan membuang bangkai anjing, maka ia menelantarkan tamunya. Ia sibuk mengurusi hal-hal yang terlihat mudah, namun tidak mendatangkan hasil. Cara mudah hanya akan efisien jika cara itu efektif. Tentunya Anda ingat artikel Aktivitas dan Produktivitas khan? 

Konsultan kraton bagi sang profesor artinya kongkonane sultan atau pesuruh raja. Sebuah plesetan makna yang menunjukkan kerendahan hati beliau. Mengingat beliau sekaligus mengingat kerendahan hati, kelucuan, keluwesan dan kesederhanaan seorang Prof Dr Damardjati Supadjar.

Salam HeartWork,

The Motivator Doctor 

Sudah isi buku tamu? silahkan kunjungi disini

Leave a comment