Momentum : Batu dan Besi

Momentum : Batu dan Besi

momentumDi salah satu pelatihan Training of Trainer, salah seorang peserta memberikan sebuah pertanyaan. Jika batu dan besi diadu, manakah yang akan menang. Ruang training sepi sejenak, semua orang sibuk membayangkan, manakah yang akan menang jika keduanya diadu. Kemudian ada yang menjawab BESI, besilah yang akan menang. Bukankah para pengrajin patung mengukir batu menggunakan tatah yang terbuat dari besi? Bukankah para tukang pemecah batu menggunakan palu besi untuk memecah batu?

Kemudian ada juga yang berteriak BATU, batu yang akan menang. Bukankah permainan gunting-batu-kertas, batu mengalahkan gunting yang terbuat dari besi? Salah seseorang yang sibuk berpikir, kemudian berkata tergantung dari batunya dan tergantung dari besinya.

Jika kemudian ditanyakan, mana yang lebih mudah, membangun kebiasaan baru atau membuang kebiasaan lama? Mana yang akan gampang , menjadi antusias, optimisme dan pengharapan ataukah melepas galau, pesimistis dan putus asa?

Pertanyaan – pertanyaan di atas mengingatkan saya tentang dongeng suku indian yang saya baca disebuah buku. Seorang kepala suku indian yang bijak menasehati anaknya. Di dalam dirimu ada 2 serigala yang terus menerus bertempur. Serigala hitam dan serigala putih. Lalu siapakah yang akan menang? Tanya si anak.

Momentum

Momentum adalah gerak, setiap benda yang bergerak memiliki momemntum. Dalam ilmu fisika momentum dirumuskan sebagai perkalian antara massa dan kecepatan gerak. Momentum seperti angin yang mendorong layang-layang, memberikan kekuatan yang luar biasa. ( M = m x V)

Momentum menghancurkan kelembaman (artikel tentang kelembaman ada di sini) kelembaman adalah kondisi statis, status quo. Sedangkan momentum merupakan kondisi yang dinamis. Kekuatan dari momentum jika diarahkan dengan benar akan mampu membangun hal-hal baru sekaligus membuang hal-hal yang lama.

Bagaimana membuang kebiasaan lama? Miliki momentum, mulailah dengan membangun kebiasaan baru. Caranya? Lakukan saja kebiasaan baru Anda. Memulai hal baru ini sama artinya dengan memulai sebuah momentum. Semakin sering anda mengulangi kebiasaan baru tersebut, semakin tinggi momentum Anda, semakin cepat Anda melakukan kebiasaan baru Anda, semakin tinggi momentum Anda. Pada akhirnya momentum yang tinggi akan menghapus hal-hal statis, menghapus status quo, termasuk kebiasaan-kebiasaan lama yang hendak Anda buang.

Kunci momentum ada dua, yang pertama kecepatan, semakin cepat, semakin tinggi sebuah momentum. Kunci yang kedua adalah massa, semakin besar massa semakin besar momentumnya. Jadi saat Anda ingin membangun sebuah momentum, Do it quickly and do it masively. Dengan itulah maka momentum akan semakin tinggi.

Pertarungan antara serigala putih dan serigala hitam, antara kebaikan dan bukan kebaikan dalam kisah indian tadi dimenangkan oleh siapa? Tentu saja dimenangkan oleh serigala yang paling sering diberi makan. Pikiran, perkataan dan perbuatan, itulah makanan dari kedua serigala itu. Jika berpikir baik, berkata-kata baik, berbuat baik, maka kita memberi makan serigala yang baik. Begitu pula sebaliknya.

Jadi manakah yang lebih mudah? Membangun kebiasaan baru atau membuang kebiasaan lama? Mana yang akan gampang, menjadi antusias, optimisme dan pengharapan ataukah melepas galau, pesimistis dan putus asa? Pertanyaan yang tricky jika Anda menyadarinya, karena apapun jawaban Anda, artinya Anda setuju untuk membangun momentum di dalam hidup Anda. Caranya? Lakukan hal yang baru, sebanyak-banyaknya dan secepat-cepatnya. Pasti perubahan akan menjemput Anda dengan kecepatan kereta shinkansen

Setelah membaca artikel Anda sampai disini, maka pasti mudah bagi Anda untuk menjawab pertanyaan di awal artikel. Jika besi dan batu diadu mana yang akan menang. Jika dianggap tingkat kepadatan sama, maka yang memiliki momentumlah yang akan menang. Memang hukum alam senantiasa selaras dengan kehidupan. Bagaimana pendapat Anda?

Surabaya – Solo – Jakarta

The Motivator Doctor

NB

Sudah melihat Thriller baru DVD Seminar Healthy Mind and Life? Silahkan klik disini

Leave a comment