SUKSES ITU APA?

doktre agung krisDalam sebuah workshop untuk para guru di Solo beberapa waktu lalu, saya membuka dengan sebuah pertanyaan, “ Menurut Ibu Bapak Guru Sekalian, sukses itu apa?”

Anda pun boleh menjawab.

Kemudian bersahut-sahutan audiens mengangkat tangan dan menjawab. Saya menuliskannya sebagian disini.

Sukses adalah :

  • Bebas finasial
  • Hidup pas-pasan, pas ingin sesuatu pas ada
  • Punya uang banyak
  • Punya mobil
  • Punya rumah
  • Punya jodoh / pacar / pasangan hidup yang baik
  • Punya anak yang berbakti
  • Bisa membuat sukses orang lain.
  • Bahagia setiap saat

Ada banyak jawaban dari pertanyaan yang sama, bahkan bisa jadi, jawaban Anda juga berbeda dari yang saya tuliskan di atas. Wajar, setiap orang memiliki definisi suksesnya masing-masing.

Para pelajar dan mahasiswa menganggap dirinya sukses ketika mendapat nilai yang baik, sempurna kalalu bisa. Jomblowan merasa sukses ketika sudah memiliki pasangan. Orang yang punya hutang merasa sukses ketika hutangnya lunas. Sales merasa sukses ketika target penjualannya terlampaui.

Jadi apa sukses menurut Anda?

Apapun jawaban Anda, itu adalah definisi sukses menurut Anda, pasti berbeda satu dengan yang lain, dan itu adalah kontentnya. Kalau kita berbicara secara context atau strukturnya maka sukses adalah mewujudkan apa yang Anda pikirkan. Apapun yang Anda pikirkan.

Tentunya Anda pernah mendengar atau membaca, bahwa segala sesuatu itu diciptakan 2 kali. Pertama diciptakan di dalam pikiran, kedua diciptakan secara nyata. Ketika Anda berhasil mewujudkan apa yang Anda pikirkan, Anda sukses.

Ketika Anda berpikir untuk bangun pagi dengan segar, dan itu terwujud. Saat Anda berpikir untuk makan nasi goreng telor dan Anda bisa memakannya pagi tadi Anda sukses. Saat Anda berpikir untuk membeli sesuatu atau jalan-jalan dengan pasangan Anda dan itu terwujud Anda sukses.

“Maka sejak bangun tadi pagi, sukses apa saja yang sudah Anda nikmati?” tanya saya kepada peserta workshop.

Masa sukses sederhana seperti itu? Masa hal kecil-kecil begitu bisa disebut sukses? Salah seseorang peserta workshop mempertanyakan hal itu.

Sukses itu bukan soal besar atau kecil, melainkan tentang apa yang kita pikirkan. Itulah kenapa buku The Magic of Thinking Big ditulis oleh David J Schwartz. Jika Anda berpikir kecil dan terwujud Anda sukses, jika Anda berpikir besar dan terwujud Anda sukses. Maka pilihan Anda akan seberapa besar Anda berpikir dan mewujudkannya.

1 November 2019

by Ayah Axl, Bielle dan Kael

Leave a comment