CD Kehidupan

CD Kehidupan

CD KEHIDUPANKedutaan Jepang mengadakan lomba bercerita dalam bahasa Jepang. Lomba ini bersifat terbuka untuk umum. Karena lomba ini bersifat nasional, maka setiap peserta diwajibkan mengirim ceritanya dalam bentuk CD. Batas akhir pengiriman CD adalah 1 bulan. Seorang mahasiswa sastra Jepang berminat untuk mengikuti lomba tersebut. Minggu pertama dia mencari cerita apa yang menarik, minggu kedua dia menyusun naskah dalam bahasa jepang, minggu ketiga berlatih bercerita dalam bahasa Jepang. Di awal minggu keempat, dia sudah mahir bercerita dengan aksen yang sesuai. Maka tiba saatnya untuk merekam cerita itu di dalam CD. Pergilah si mahasiswa itu ke toko komputer. “ Ada CD kosong Bahasa Jepang mbak?” tanyanya kepada penjaga toko. “Hmmm tidak ada, adanya CD kosong Bahasa Inggris,” jawab penjaga toko sambil menggelengkan kepala.

Sahabat, pastinya Anda setuju bahwa hidup itu baik dan adil bagi semua orang. Bagi yang menanam padi akan menuai padi, bagi yang menanam jagung akan menuai jagung. Orang yang menaburkan kebaikan akan berlimpah kebaikan dan orang yang menabur bukan kebaikan juga akan mendapat bukan kebaikan.

Hidup juga seperti kanvas putih kosong, Anda boleh melukis apa saja di sana. Lukisan pemandangan, lukisan alam, lukisan abstrak bisa Anda buat di sana. Tidak melukis pun adalah pilihan Anda, boleh juga sekedar mencorat-coret, melampiaskan kekesalan, menumpahkan perasaan. Hehehe jadi teringat status yang sering ditulis teman-teman galau di facebook atau media sosial lainnya.

Setiap tahun berisi waktu-waktu kosong dan baik, serupa kanvas tadi. Hak Anda untuk mengisinya dengan kegiatan apapun. Tidak ada yang namanya tahun kesuksesan atau tahun kegagalan. Apa yang Anda lakukan, apa yang Anda tanam, apa yang Anda lukis, itu semua yang akan Anda hasilkan.

Menariknya adalah bahwa kita bisa memulai kapan saja. Tidak harus awal tahun, tidak harus awal semester, tidak harus hari ini atau sekarang. Mulai buat tahun ini sebagai tahun terhebat Anda adalah hal yang bijak. Tidak peduli seperti apa keadaan Anda sekarang, tidak memandang seperti apa tahun lalu, kita selalu mendapatkan kesempatan untuk memulai yang baru. Yang terpenting bukanlah darimana kita berasal melainkan kemana akan menuju, setuju kan?

Tahun-tahun yang telah lewat memberi kita banyak pelajaran. Anda boleh mengulang pelajaran yang sama atau naik kelas yang lebih tinggi. Untuk naik ke kelas yang lebih tinggi, tentunya Anda harus mempelajari hal-hal yang baru lagi atau memperdalam yang sudah Anda kuasai. Mengulangi hal-hal yang sama tanpa menambah yang baru artinya tidak naik kelas. Itulah kenapa beberapa karyawan seperti saya dulu, ketrampilan dan pengetahuannya meningkat cepat di tahun-tahun awal masa kerja, namun kemudian menjadi stagnan  di tahun berikutnya. Menjadi jenuh dengan rutinitas karena hanya mengulang tahun-tahun berikutnya. Pastinya Anda tidak demikian kan? Cari ilmu baru dan perdalam ilmu yang sudah dikuasai.

Mencari ilmu tidak selalu berarti melanjutkan studi, namun jika melanjutkan adalah pilihan Anda, itu bagus sekali. Mencari ilmu juga bisa dengan cara mengikuti seminar-seminar atau workshop dari trainer terkenal seperti saya ikuti banyak seminar tahun lalu. Atau Anda juga bisa membangun relasi dengan para praktisi dan belajar dari mereka, tentunya Anda pilih yang sesuai dengan minat Anda.

Kanvas hidup Anda tahun ini boleh diisi dengan apa saja. Jika Anda bijak, maka pastinya akan diisi dengan hal yang lebih baik dari tahun yang lalu. Apakah Anda sudah memastikan setiap coretan dan goresan Anda lebih bermakna? Kita tidak pernah tahu kapan kanvas hidup kita itu harus dikembalikan kepada Sang Pencipta.

Hidup selalu berlaku adil dan baik, kita tidak bisa memesan hidup yang sukses atau yang selain itu, karena sukses tidaknya hidup itu tergantung dari apa yang kita perbuat di dalamnya. Hidup mengembalikan apa yang kita berikan. Sama seperti CD, tidak ada CD kosong bahasa jepang atau CD kosong bahasa Inggris, CD kosong ya kosong. CD menjadi indah tergantung apa yang kita isikan di dalamnya. Jika Anda merasa salah mengisi CD, format ulang saja dan diisi dengan hal baru yang Anda inginkan.

Salam Berkelimpahan

The Motivator Doctor, 3 Januari 2013

mau ngobrol dengan saya? bisa follow twitter @DokterAgungKris atau mau undang saya untuk bicara di institusi/komunitas Anda bisa hubungi ke 0812 8493 1800  atau Ingin mengetahui potensi diri Anda? klik disini

Leave a comment