[Discover Your Strength]

[Discover Your Strength]


Dua tahun terakhir ini saya jatuh suka dengan sebuah metode bernama Appreciative Inquiry. Sebuah pendekatan yang sangat berbeda dengan pendekatan-pendekatan problem solving yang umum digunakan milenial ini.

Setelah memfasilitasi training di 8 kota, Aceh, Meulaboh, Medan, Bandung, Jogja, Bali dan Maumere, dengan peserta beragam, mulai anak usia sekolah sampai pensiunan, metode Ai ini teruji di dalam mengawal sebuah perubahan positif.

Salah satu diktumnya adalah lebih fokus pada kekuatan yang dimiliki, alih-alih kelemahan yang ada. Mengasah kekuatan yang dimiliki akan lebih memperbesar keberhasilan daripada mengeliminasi kelemahan yang ada. Maka menemukan kekuatan adalah langkah pertamanya.

Sementara banyak orang yang lebih fokus untuk menghilangkan kelemahannya. Bukannya salah, namun perlu usaha yang lebih keras, terutama dari sisi mental. So, jika usaha yang keras ini dialihkan untuk mengasah kekuatan yang dimiliki, hasilnya akan berbeda.

Lalu bagaimana dengan kelemahan? Apakah tidak perlu dihilangkan? Jawabannya akan ada di lanjutan status ini. Status yang lain supaya tidak terlalu panjang tulisan ini.

Hal yang perlu direnungkan di penghujung tahun ini, Sudahkah menggunakan kekuatan Anda? Atau jangan-jangan Anda belum menyadari kekuatan Anda? Tentukan bidang yang ingin Anda tingkatkan  di dalam hidup Anda dan temukan kekuatan Anda di bidang itu

Selamat menggali dan menemukan kekuatan Anda

@dokteragungkris
#AppreciativeLife #AppreciativeInquiry #focusonwhatyouwant #buildingstrength #eliminatingweakness

Leave a comment