Healthy Mind Healthy Life

Healthy Mind Healthy Life

healthy mind healthy lifeJika ada sebuah pertanyaan : Apakah Anda memilih untuk sehat ataukah untuk kaya, maka akan ada beberapa jawaban. Ada yang menjawab, tentu saja sehat, kesehatan bukan berarti segala-galanya, namun tanpa kesehatan segalanya menjadi tidak berarti. Apalah artinya kekayaan tanpa kesehatan, menjadi orang kaya yang sakit-sakitan tentu bukan keinginan setiap orang.

Namun ada pula yang menjawab, kekayaan jauh lebih penting. Dengan kekayaan maka akan lebih mudah mendapatkan fasilitas kesehatan yang lebih baik, obat-obat yang lebih baik bahkan dokter yang lebih baik, seperti saya pernah diajarkan oleh guru saya. Jadi, apakah kekayaan akan menjamin kesehatan? Tidak juga sih, namun kekayaan akan memudahkan diri mendapat fasilitas kesehatan yang semakin mahal. Ooo jadi kesehatan itu mahal? Tentu saja, berapa biaya berobat ke dokter, perawatan di RS, obat-obatan dll?

Seorang Penyembuh paling terkenal sepanjang sejarah manusia, pernah menanyakan sesuatu kepada orang yang akan disembuhkannya. Pertanyaan itu adalah Maukah engkau Sembuh?

Maukah engkau sembuh? Sebuah pertanyaan yang sangat jarang ditanyakan oleh seorang dokter ketika berhadapan dengan pasiennya. Tentu saja semua orang mau sembuh. Semua orang? Belum tentu. Masa sih? Ada beberapa orang, bukan Anda tentunya, yang begitu menikmati keadaan tidak sehat. Mereka mendapatkan perhatian dan kasih sayang atau tepatnya rasa kasihan. Orang-orang seperti ini tentunya tidak mendambakan kesembuhan.

Mendambakan kesembuhan atau kesehatan artinya memfokuskan pikiran dan perasaan atas kesehatan, dan bukan sebaliknya. Banyak orang yang secara fisik sehat namun dibuat tidak sehat oleh karena pikiran dan perasaannya sendiri. Banyak saya jumpai orang-orang yang demikian dalam pengalaman praktek saya, terutama di kota besar. Mereka menggantungkan dirinya terhadap obat-obatan dan pemeriksaan dokter. Padahal pikiran dan perasaannya mampu untuk sehatkan badan sendiri.

Ada 3 hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan, agar mudah diingat kita singkat dengan ABG. ABG? Ciyus Dok? Ciyus ha ha ha ha. Bukankah banyak orang ingin selalu bugar, sehat dan bersemangat seperti ABG?

A. Aktifkan positive mind, pikiran dan perasaan yang positif akan mengaktifkan hormon-hormon kebahagiaan. Hormon kebahagiaan ini akan membuat badan Anda semakin sehat dan awet muda.

B. Batasi makan, diet maksudnya? Semacam itulah. Problem kesehatan akhir-akhir ini adalah bukan lagi kekurangan makan melainkan karena berlebihan makan. Atur makanan Anda. Nikmati dan kunyah dengan benar.

C. eh maksud saya G Gerakkan badan Anda. Otot manusia diciptakan untuk bergerak. Namun dengan kemajuan tehnologi, maka  semakin sedikit gerakan yang dilakukan oleh manusia. Gerakan badan anda, itu membuat aliran darah lebih lancar dan jantung lebih sehat.

Fokuskan pikiran dan perasaan terhadap kesehatan artinya jika saat ini Anda sehat, syukuri nikmat kesehatan Anda dan lakukan upaya menjaga kesehatan. Jika Anda kurang sehat, rasakan kebutuhan tubuh Anda saat kurang sehat, penuhi dan rasakan seolah-olah Anda sudah kembali nyaman.

Maukah Anda sembuh? Kesembuhan tidak hanya milik badan saja, melainkan juga milik pikiran, perasaan dan jiwa Anda. Maka apakah masuk akal ketika memaafkan, melepaskan hal yang harus dilepaskan merupakah bagian dari upaya kesembuhan? Sang Penyembuh Sejati itu pun mengatakan dosamu diampuni.

Apakah kesehatan itu mahal? Tentu saja, khan sudah dijawab di awal tulisan. Tidak , Anda belum memahami. Kesehatan itu GIFT, anugrah yang berlimpah. Tidak sehat itulah yang mahal, bukankah Anda pergi ke dokter, beli obat, dirawat di RS karena tidak sehat? Sehat itu murah dan berlimpah, hanya perlu cara mudah dan tepat untuk menjaganya. Iya, saya tahu. ABG khan? He he he

Jadi kembali pada pertanyaan di awal tulisan, apakah Anda pilih kaya atau sehat? Hmmmm bagaimana jika pilih dua-duanya? Yah benar, Anda cerdas. Jika keduanya baik kenapa tidak diambil saja keduanya, kaya dan sehat. Sehat financial, sehat badan, sehat pikiran dan perasaan. Healthy Mind, Healthy Life. Salam Berkelimpahan dan Berkah Dalem.

Yogyakarta, 14 Maret 2013

The Motivator Doctor

Materi ini pernah saya sampaikan di sebuah seminar bersama 6 Pembicara terkenal lainnya. Jika Anda ingin mendapatkan DVDnya silahkan hubungi kami. Banyak orang telah belajar banyak dan mendapatkan manfaatnya, sekarang giliran Anda. Tidak hanya itu saja, biaya pemesanan DVD akan kami kembalikan sebagai voucher untuk tes bakat maupun discount di setiap seminar/training yang saya selenggarakan.

1 thought on “Healthy Mind Healthy Life

  1. Pingback: Gunakan Atau Hilang | Motivator | Dokter | Inspirator | Coach | Trainer | HypnoTherapist

Leave a comment