Ramalan

Ramalan

peramal dr agung kristiantoRamalan Bintang. Kehidupan Anda minggu ini akan penuh dengan kejutan yang menggembirakan. Keuangan. Banyak rejeki yang tidak terduga. Asmara. Bertemu Cinta yang berkobar-kobar. Kesehatan. Semakin bugar setiap saat. Pertanyaannya bintang apa yang isi ramalannya seperti itu?

Suatu kali dalam penerbangan dari Jakarta ke Yogyakarta, saya bertemu dengan seseorang yang istimewa. Dia adalah seorang nenek orang india yang telah menjadi warga negara Indonesia. Sepanjang penerbangan itu beliau tidak henti-hentinya meramalkan nasib saya dan keluarga saya.

Sudah beberapa kali saya bertemu dengan seorang Fortune Teller. Pertama kali, saat saya berusia anak-anak, bersekolah SD kalau tidak salah ingat. Orang itu mengatakan bahwa saya akan bersekolah asrama di kota Magelang dan akan menjadi seorang pastur. Salah satu sekolah pastur memang berada di kota Magelang. Sebuah sekolah berasrama bernama Seminari Mertoyudan. Namun beliau mengatakan semua itu adalah pilihan saya. Setelah lulus dari SMP favorit di kota Yogyakarta, saya melanjutkan di sekolah berasrama di kota magelang namun bukan di seminari. Hidup adalah pilihan.

Kali kedua saya bertemu fortune teller adalah saat saya transit di sebuah kota di Kalimantan. Saat itu saya telah menjadi seorang dokter. Beliau mengatakan, bahwa 4 tahun kedepan adalah saat terberat di dalam hidup saya, namun sesudahnya semuanya akan menjadi lebih mudah.

Tentunya ramalan-ramalan semacam itu sudah sering di alami oleh banyak orang. Mungkin Anda juga. Beberapa orang bahkan sangat konsisten dan persisten untuk mempercayai setiap kata dan nasehat dari para peramal tersebut. Beberapa tahun yang lalu seorang sahabat mengganti namanya, katanya nama barunya akan membawa keberuntunngan di dalam hidupnya. Ternyata setelah mengganti nama tersebut kehidupannya menjadi lebih baik, lebih kaya dan lebih bahagia.

Sekali waktu ketika saya bertugas di RS di Jakarta, ada seorang fortune teller yang sering berkunjung ke RS. Salah seorang perawat mendorong saya untuk menemui bapak itu. Kenapa saya harus menemuinya? “Dia bisa melihat masa lalu Dokter lho”, kata perawat saya. “Saya juga bisa melihat masa lalu saya,” kataku. “Dia bisa melihat masa depan lho,” kata perawat saya tidak mau kalah.

Self-fulfilling prophecy

Jika ada yang sangat percaya dengan sebuah ramalan, mungkin sebaiknya anda mengetahui self-fulfilling prophecy. Apa itu? Ramalan atas diri sendiri yang akan terpenuhi. Bagaimana jika Anda meramalkan bahwa mulai saat ini diri Anda akan semakin sehat, semakin kaya, semakin bahagia? Apa yang akan terjadi ketika Anda melihat diri Anda semakin sehat? Apa yang terjadi jika diri Anda semakin kaya? Bagaimana rasanya jika Anda semakin bahagia?

Ah, mana bisa meramal diri sendiri, itu perlu kemampuan khusus tahu, perlu kesaktian. Mungkin ada yang mengatakan demikian. Yah mungkin demikian jika kita meramalkan orang lain, bagaimana jika meramalkan diri sendiri?

Pernahkah Anda mengalami hari ketidakberuntungan dimana sepanjang hari itu berbagai ketidakberuntungan menghampiri Anda? Beberapa hari yang lalu, saya kalah bermain kartu UNO dengan anak-anak saya. Lima kali berturut-turut saya dikalahkan oleh Axl (9 tahun) dan Bielle (6 tahun).

Ternyata keberuntungan itu memilik pola dan ketidakberuntungan juga begitu, sehingga yang perlu dilakukan hanyalah men-switchSwitch pola diri Anda sekarang ke pola yang Anda inginkan. Banyak orang sukses melakukannya, mungkin sekarang saatnya Anda lakukan.

Saat saya dikalahkan 6 times in row, maka yang saya lakukan adalah bertepuk tangan keras-keras, menarik nafas panjang dan membayangkan kemenangan dan keberuntungan menghampiri saya. Then I winn. Kemenangan di akhir itu lebih berharga, lihat saja jagoan-jagoan di film, bukankah mereka kalah di awal dan menang di akhir? He he he he. Sebenarnya Anda bisa menang dari awal sampai akhir jika tahu polanya.

Meramalkan diri sendiri itulah yang penting. Saya malah curiga bahwa sebenarnya apa yang kita yakini tentang ramalan itu jauh lebih penting daripada isi ramalan. Saat orang mengatakan bisa melihat masa depan Anda, kenapa tidak Anda ramalkan sendiri masa depan Anda seperti apa? Bukankah kita memastikan masa depan dengan menciptakannya? Demikian yang saya katakan kepada perawat saya. Masa depan kita itu, kita sendiri yang menciptakan.

Jika tahun-tahun Anda diramalkan suram, dan Anda percaya, maka itulah yang terjadi. Lalu apa yang dilakukan dong? Cerahkan masa depanmu, tambahkan warna-warna kesukaan, iringi dengan musik yang menyemangati, berikan aroma terapi favorit, tingkatkan perasaan dan booster keyakinan diri Anda bahwa hidup Anda akan berkelimpahan, mulai sekarang dan seterusnya.

Setiap kali bertemu dengan seorang fortune teller, maka sikap saya selalu sama. Jika dia mengatakan hal yang baik akan saya aminkan, sedangkan jika sebaliknya tidak saya pedulikan. Katakan dan ramalkan hanya kebaikan bagi diri Anda, bukan isi ramalan yang penting melainkan apa yang Anda percayai bukan?

Jadi bintang apa yang diramalkan di awal tulisan ini? Apa pun bintangnya Anda bisa jadikan itu milik Anda, jika Anda mau.

The Luckiest Day of MyLife

The Motivator Doctor

PS, Sudah pesan DVD Healthy Mind and Life? Bergaransi! Silahkan lihat cuplikan serunya  disini

1 thought on “Ramalan

  1. Nugroho Angkasa

    Suka dan setuju sekali dengan bagian ending, “Setiap kali bertemu dengan seorang fortune teller, maka sikap saya selalu sama. Jika dia mengatakan hal yang baik akan saya aminkan, sedangkan jika sebaliknya tidak saya pedulikan. Katakan dan ramalkan hanya kebaikan bagi diri Anda :-)” Matur nuwun Pak Dokter.

    Reply

Leave a comment