Buat Cerita

Buat Cerita 

Sahabat, pernahkah  Anda perhatikan  bahwa setiap motivator-motivator hebat di dunia juga Indonesia seperti saya juga amati, selalu menggunakan cerita di dalam setiap training dan seminarnya. Cerita memiliki kekuatan yang luar biasa. Cerita bisa menginspirasi, memotivasi dan mengubah orang menjadi lebih baik. Bukankah Kitab Suci juga banyak memuat cerita?

Ada banyak cerita dan dongeng di dunia ini, dan jika Anda perhatikan ada banyak kemiripan dari setiap cerita yang ada. Siapa yang tidak mengenal kisah Cinderela bukankah cerita itu sama dengan cerita bawang putih bawang merah? Kisah Roro Jonggrang yang mencurangi Bandung Bondowoso, serupa dengan cerita Tangkuban Perahunya Sangkuriang. Dongeng lomba lari si kancil dan keong mirip dengan dongeng kelinci dan kura-kura.

Cerita menjadi menarik dan indah, ketika kita menemukan ketidak pastian di dalamnya. Cerita akan menjadi datar dan membosankan ketika semuanya sudah jelas dan bisa dipastikan dari awal. Ada seorang anak orang kaya yang mendapatkan warisan harta berlimpah dari orang tuanya. Karena hartanya cukup banyak, maka si anak hidup berkelimpahan sampai tua. Cerita semacam ini tidaklah menarik sama sekali, tanpa tantangan dan tanpa perjuangan.

Setiap orang memiliki ceritanya masing-masing, cerita tentang perjalanan hidupnya. Malah sebenarnya kita semua sedang membuat cerita tentang hidup kita masing-masing, bagaimana akhir ceritanya? Pilihan kitalah untuk menentukan jalan cerita dan juga akhir ceritanya

Semakin penuh kejutan, ketidakpastian, tantangan dan perjuangan, membuat sebuah cerita semakin menarik.

Maka ketika hidup adalah sebuah cerita yang tidak pasti, maka terkandung sebuah kesempatan yang luar biasa untuk membuat hidup jadi berarti. Siapapun bisa buat hidupnya jadi bermakna. Seorang anak tiri yang hidup seperti pembantu atau gelandangan yang terpaksa mencuri untuk hidup pun bisa berakhir bahagia dengan menjadi menantu raja (kisah Cinderella dan Aladin)

Cerita memberikan harapan, kesempatan dan imaginasi yang tidak terbatas. Ketika banyak orang di berbagai belahan dunia mengajarkan kebijaksanaan mereka dengan sebuah cerita, jadi penasaran cerita apa yang sedang Anda buat sekarang?

nDalem Mondorakan, 5/11/12

mau ngobrol dengan saya? bisa follow twitter @DokterAgungKris atau mau undang saya untuk bicara di institusi/komunitas Anda bisa hubungi ke 0812 8493 1800 

Leave a comment