TIGA SENJATA DOKTER

Motivator|Inspirator|Coach|Trainer|HypnoTherapistKemarin tanggal 24 Oktober 2012 adalah hari Dokter Nasional. Saya juga mengetahuinya setelah beberapa sahabat mengirimkan ucapan tersebut lewat twitter dan BBM. Hari itu banyak foto profil BB yang diubah dengan logo Stetoskop berbentuk hati. Dokter dengan jas putih dan stestoskopnya sampai sekarang masih menjadi favorit cita-cita anak TK (paling tidak menurut Anak saya yg masih TK).

Membicarakan profesi dokter jadi ingat buku Dokter Shigeo Haruyama, beliau mengatakan bahwa dokter memiliki 3 senjata utama. Senjata Pertama adalah obat, setiap kali ke dokter, pasien hampir selalu akan diberikan obat, entah berbentuk puyer, kapsul, ataupun tablet. Senjata kedua adalah pisau bedah, beberapa pengobatan menggunakan pisau bedah. Bukan rahasia bahwa bidang kedokteran yang menggunakan pisau bedah merupakan cabang yang paling favorit bagi mahasiswa kedokteran dan dokter muda. Senjata ketiga adalah kata-kata. Kata-kata bisa mengobati atau melukai, memberikan harapan atau merampasnya. Dokter adalah seorang penghipnotis alamiah. Kata-kata seorang dokter akan mudah sekali mempengaruhi (menghipnotis) pikiran pasien.

Dulu saya pernah bekerja bersama seorang dokter lulusan Jerman, yang jika dicermati cara pengobatannya, tidaklah terlalu istimewa, bahkan cenderung biasa-biasa saja. Dokter ini pun cenderung galak, tidak jarang beliau memarahi pasien-pasiennya. Namun yang mengherankan, pasien beliau selalu ramai, praktek pribadi beliau mulai jam 17.00 sampai jam 22.00 penuh dengan pasien yang antri, paradoks khan?

Kesehatan adalah hak setiap orang, dan yang paling bertanggungjawab atas hak itu adalah dirinya sendiri, bukan dokter, bukan pemerintah. Ketika sudah memutuskan untuk lebih sehat, tentunya Anda mau lakukan kebiasan hidup yang lebih sehat.  Apa saja itu? Ah pastinya Anda sudah tahu, jika belum tahu kebiasaan hidup sehat, mulai singkirkan kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat dulu.

Suatu kali saya sempat menanyakan ke dokter tersebut apa yang menjadi “resep” rahasianya sehingga banyak orang yang berobat kepadanya. Menurut beliau yang pertama adalah keyakinan, yakin terhadap ilmu yang dimiliki, dan yang kedua bagikanlah keyakinan itu kepada pasien. Beliau sangat tegas dan lugas jika berbicara kepada pasien, bahkan suatu kali pernah bicara dengan pasien “Percaya saja, saya jamin kamu pasti Sembuh!” Wow, baru pertama kalinya dan belum pernah ketemu lagi, seorang dokter menjamin kesembuhan pasiennya. Namun bukankah itu artinya beliau konsekuen dan konsisten dengan keyakinannya?

Jika kata-kata bisa menjadi obat, maka mulailah katakan hal yang memberdayakan.  Jika dokter Anda belum mengatakan kepada Anda, katakanlah pada diri sendiri. Bangunlah semangat dan harapan melalui kata-kata. Dan para sejawat dokter yang terhormat, perbanyaklah kata-kata yang membangun harapan pasien Anda, bukankah itu adalah hal yang lebih mudah dan murah?

nDalem Mondorakan 25.10.2012

2 thoughts on “TIGA SENJATA DOKTER

  1. Dewi Novita

    iyaaa dok… sewaktu di Bali, di dekat SOS CV Bali, juga berdiam sepasang suami istri dokter, pasien sang suami pasti banyaakkk… karena merasa cocok dengan beliau, sedang dengan sang istri, hampir semua masyarakat sekitar enggan berobat, selidik punya selidik (kadang aku juga sering berobat kesana, kebetulan sih selalu pas dapet dengan sang suami), ternyata dokter S (sebut saja begitu u/ yg suami), selalu bicara dengan penuh empati, selalu mendengarkan penuh seksama, dan selalu membesarkan hati kita pasien-pasiennya. Sedangkan sang istri,(katanya) bila bertemu pasien selalu jutek dan menyepelekan penyakit pasien-pasiennya. Pernah suatu ketika aku sakit, dan pergi ke dokter itu, aku lihat banyak sekali orang-orang duduk di luar pagar yang gelap, ketika aku keluar dari ruang praktek, mereka bertanya siapa dokter yang berpraktek dokter S atau istrinya? Walah-walah, ternyata mereka ini pasien-pasien yang enggan bertemu dengan sang istri…. ha ha ha… *aduh komen saya kepanjangan ya dok….

    Reply
  2. Pingback: Suntikan Kata – Kata | Motivator | Dokter | Inspirator | Coach | Trainer | HypnoTherapist

Leave a comment